Selamat datang di Website PP. Adnan Al Charish

Kajian Wali Songo Bag.7

PAK WALANG
Kajian ini merupakan translite dari kitab " AHLAL MUSAMAROH fi hikayatil aulia'il 'asyroh (MANISNYA OBROLAN MALAM, yang menceritakan wali sepuluh) yang disusun oleh Abul Fadlol bin Abdusy Syakur dari desa Senori, kabupaten Tuban.
Kajian ini diterbitkan setiap hari jumat
----------------------------------------------------------------------------------------------------


1.10. Raja Mundhi Wangi
Dalam keterangan sebelumnya dijelaskan bahwa raja Pajajaran yang bernama Mundhi Wangi dari istrinya yang kedua, lahir seorang anak laki-laki bernama Ciyung Menara. Dari Ciyung Menara lahir anak laki-laki bernama Bambang Wechana. Seorang anak laki-laki lahir darinya bernama Bambang Pamengker. Bambang pamengker ini selanjutnya tidak mau tunduk di bawah kekuasaan raja Majapahit. Ia menyingkir di bawah sebuah gunung bernama gunung Semeru. Untuk seterusnya, lahir   seorang anak laki-laki bernama Minak Prenggola. Dari Minak Prenggola lahir seorang anak laki-laki bernama Minak Sembayu. Minak Sembayu inilah yang kemudian menjadi penguasa di negeri (kerajaan) Belambangan. Dan di bawah ini akan dipaparkan kisah yang berhubungan dengan uraian di atas.

1.11. Sayyid Maulana Ishaq
Kisah ini adalah kisah yang dialami oleh Sayyid Maulana Ishaq yang asal usulnya telah dijelaskan di muka. Bahwa ia adalah saudara kandung dari Sayyid Ibrahim. Suatu hari saat ia menapakkan kaki di tempat yang menjadi tujuannya, ia melakukan pengelanaan mengelilingi bumi. Hingga ia sampai di daerah yang bernama Pasai. Pasai adalah sebuah daerah yang terletak di kepulauan Sumatra. Dan Sayyid Maulana Ishaq menetap di daerah tersebut. Darinya lahir dua orang anak, yaitu seorang laki-laki bernama Sayyid Abdul Qodir dan seorang perempuan bernama Sarroh ( Sarrah ).
Kemudian Sayyid Maulana Ishaq mengadakan perjalanan menuju ke pulau Jawa dan meninggalkan kedua anaknya di Pasai bersama Ibunya. Hal itu dilakukan karena kedua anaknya masih begitu kecil untuk mengadakan  perjalanan yang jauh. Ia menaiki sebuah kapal milik seorang laki-laki yang berasal dari daerah Gresik. Kapal itu berlayar di atas laut dengan ditiup angin yang begitu tenang. Hingga sampailah kapal itu di Gresik dan kapal merapat di pelabuhan. Semua penumpang turun ke daratan termasuk Sayyid Maulana Ishaq. Di daerah Gresik tersebut ia menetap untuk beberapa waktu. Kemudian ia melanjutkan pengembaraanya ke Surabaya. Setelah sampai di sana, ia memasuki sebuah desa yang bernama Ampel pada waktu sholat ashar. Bertepatan dengan itu, disebuah masjid, ia melihat Sayyid Rahmad sedang mendirikan Sholat. Sayyid Rahmad bertindak sebagai imam dan tiga orang, yaitu Abu Hurairah, Ki Wira Jaya dan KI Bang Kuning, sholat sebagai makmum di belakangnya. Sayyid Maulana Ishaq menunggu di luar masjid. Maka saat Sayyid Rahmad selesai dari sholatnya, Sayyid Maulana Ishaq mengucap salam kepada Sayyid Rahmad. Salam dari Sayyid Maulana Ishaq dijawab oleh Sayyid Rahmad dengan penuh rasa takdzim. Keduanya kemudian terlibat saling tanya tentang nama dari masing-masing serta tentang nama orang tua masing-masing. Dari perbincangan mereka itu, Sayyid Rahmad mengetahui bahwa yang ada di hadapannya ini, yaitu Sayyid Maulana Ishaq, adalah saudara kandung dari ayahandanya. Maulana Ishaq kemudian berkata kepada Sayyid Rahmad, "Tidak kusangka, ternyata engkau adalah anakku. Karena ayahmu itu adalah saudara kandungku."
Kemudian Sayyid rahmad berkata, "Di pulau Jawa ini tidak ditemukan seorang muslim sama sekali, kecuali aku, saudaraku yang bernama Sayyid Raja Pendita dan temanku bernama Abu Hurairah. Jadi, bisa dikata bahwa kita ini adalah orang islam pertama yang hidup di pulau Jawa ini."
Maulana Ishaq kemudian menjawab, "Kalau begitu, karena kamu adalah termasuk orang islam pertama yang ada di pulau Jawa ini, maka aku akan menamaimu dengan nama Sunan Maqdum. Maksudnya Sunan adalah karena kamu seoranng imam yang keberadaannya lebih dulu ada. Sedang maksudnya Maqdum adalah karena kamu termasuk orang Jawa pertama yang memeluk islam." Setelah itu, mereka mengundang dan mengumpulkan orang-orang serta mengadakan Walimah untuk menetapkan nama yang baru diberikan oleh Sayyid Maulana Ishaq kepada Sayyid Rahmad.
Selama itu, Sayyid Rahmad tak henti-hentinya mengajak orang-orang untuk memeluk agama islam serta untuk beribadah menyembah Alloh SWT. Hingga seluruh penduduk desa Ampel dan sekitarnya serta banyak dari penduduk Surabaya yang mengikutinya memeluk agama islam. Prestasi yang cemerlang itu tidak akan tercapai kecuali dengan kebaikan penuturan serta kebijaksanaan dari Sayyid Rahmad dalam berda'wah. Selain itu kebaikan pekerti dalam bergaul dengan manusia dan cara berdebat yang baik yang ia peragakan, juga merupakan faktor utama yang mendukung tercapainya semua itu. Dari semua yang dilakukan oleh Sayyid Rahmad adalah karena mengikuti perintah Alloh SWT dalam ayat;

اُدْعُ اِلَى سَِبيْلِ رَبِّكَ باِْلحِكْمَةِ وَاْلمَوْعِظَةِ اْلحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ باِلَّتِي هِيَ اَحْسَنُ ...الأية    (النحل : 125)
Serulah (manusia) pada jalan Tuhanmu dengan hikmah, nasehat yang baik. Dan bantahlah mereka dengan cara yang baik...(Q.S. An-Nahl : 125)

...وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ (الحجر : 88)
Dan merendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.     (Q.S. Al-Hijr : 88)

 يَا بُنَيَّ اَقِمِ الصَّلاَةِ وَءْامُرْ باِْلمَعْرُوْفِ وَانْهَ عَنِ اْلمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا اَصَابَكَ    اِنَّ ذَالِكَ مِنْ عَزْمِ اْلاُمُوْرِ. (لقمان : 17)
Hai anakku, dirikanlah sholat. Suruhlah manusia melakukan  perbuatan baik dan cegahlah mereka dari perbuatan yang munkar. Serta bersabarlah atas apa yang menimpa diri kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal yang diwajibkan oleh Alloh SWT.  (Q.S. Luqman : 17)

Seperti inilah seyogyanya para pemimpin (imam) dan para cendekia kaum muslimin berperilaku. Menapak di atas jalan yang diridloi. Hingga banyak manusia akan memasuki agama islam dengan cara bergolong-golong. Seorang pujangga menuliskan beberapa bait syair;

Bersikaplah pemaaf dan perintahkan hal yang baik dengan cara yang baik (benar),

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.