Selamat datang di Website PP. Adnan Al Charish

Kajian Wali Songo Bag. 2

PAK WALANG
Kajian ini merupakan translite dari kitab " AHLAL MUSAMAROH fi hikayatil aulia'il 'asyroh (MANISNYA OBROLAN MALAM, yang menceritakan wali sepuluh) yang disusun oleh Abul Fadlol bin Abdusy Syakur dari desa Senori, kabupaten Tuban.
Kajian ini diterbitkan setiap hari jumat
----------------------------------------------------------------------------------------------------



1.3. Raden Fatah dan Raden Husain
Sementara itu, raja budha yang berkuasa di pulau Jawa saat itu bernama Rangga Wijaya. Atau yang lebih dikenal dengan nama Brawijaya. Ia adalah raja budha terakhir yang ada di pulau Jawa. Ia pula adalah raja Majapahit terakhir yang memerintah di kerajaan Majapahit tersebut.
Pada keterangan sebelumnya, diceritakan bahwa raja Brawijaya menikah dengan anak perempuan dari raja negeri Campa yang bernama Marta Ningrum. Ia memiliki tiga orang anak. Anak pertamanya adalah perempuan bernama Putra Adhi. Ia menjadi istri seorang patih yang bernama Dhaya Ningrat. Putra kedua Brawijaya adalah Raden Lembu Peteng. Ia menjadi penguasa di daerah Madura. Yang ketiga dan terakhir adalah Raden Gugur. Ia tidak membawahi atau menguasai suatu daerah kekuasaan tertentu. Akan tetapi ia lebih memilih untuk mengabdi pada ayahnya dan membantunya dalam urusan kerajaan.
Dari istri yang lain, yaitu anak dari Seksa Dhana, Brawijaya mempunyai seorang anak laki-laki bernama Arya Dhamar. Oleh ayahnya, Brawijaya, ia diberi kekuasaan di daerah Palembang dan sekitarnya. Arya Dhamar mempunyai dua orang anak dari perkawinannya dengan seorang istri yang berasal dari daerah Ponorogo. Yaitu Bethara Kathung dan Ki Jaran Penolih. Adapun Bethoro Kathung menguasai daerah Ponorogo. Sedangkan Ki Jaran Penolih menguasai daerah Sumenep dan Sampang yang merupakan bagian dari pulau Madura.
Kemudian Brawijaya menikah dengan salah satu anak dari raja Cina. Kecantikan wanita itu tidak tertandingi dan Brawijaya sangat mencintainya. Saat ia mengandung dan akan melahirkan, Brawijaya memerintahkan anaknya, Arya Dhamar, untuk membawanya ke Palembang. Dan Brawijaya memberikan istrinya itu kepada Arya Dhamar dan berpesan agar ia tidak menyentuh istrinya itu sampai ia melahirkan anaknya. Arya Dhamar pun membawanya ke Palembang. Pada saat di Palembang wanita itu melahirkan anaknya pada usia kandungan sebelas bulan. Ia melahirkan seorang anak laki-laki yang sangat tampan, yang ketampanannya terlukiskan dalam sebuah syair;

Ia bagaikan bulan purnama yang memecah kegelapan malam,
Yang terbit di kegelapan malam dengan berkilau.

Sebuah sinar yang menyinari seluruh penjuru,
Sinarnya yang terang membuka pintu Hidayah di atas bumi.

Arya Dhamar memberi nama anak itu dengan sebutan Raden Fatah. Nama ini sangat cocok dengan anak itu. Karena kelak ia adalah orang yang membuka pintu da'wah islam di pulau Jawa. Setelah kelahiran Raden Fatah, Arya Dhamar kemudian memperistri ibunya (istri Brawijaya dari negeri Cina). Dengan Arya Dhamar ibu Raden Fatah mengandung seorang anak. Dan pada saat umur kandungannya menginjak sembilan bulan, ia melahirkan anak laki-laki yang sangat tampan pula. Keningnya bagaikan bulan sabit pada malam tanggal satu yang menghilangkan setiap cacat dan noda dari anak tersebut. Arya Dhamar menyebut anak itu dengan nama Raden Husain. Ketampanan anak itu terlukis dalam syair berikut;

Keningnya yang ada di bawah rambutnya,
 Bagaikan bulan sabit di antara kegelapan malam.

Yang memperlihatkan kita pada kedua pelipisnya  yang bagaikan purnama yang benderang,

Dengan parasnya yang tergali dari inti keindahan.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.