Selamat datang di Website PP. Adnan Al Charish

kajian Wali SOngo Bag. 9

PAK WALANG
Kajian ini merupakan translite dari kitab " AHLAL MUSAMAROH fi hikayatil aulia'il 'asyroh (MANISNYA OBROLAN MALAM, yang menceritakan wali sepuluh) yang disusun oleh Abul Fadlol bin Abdusy Syakur dari desa Senori, kabupaten Tuban.
Kajian ini diterbitkan setiap hari jumat
----------------------------------------------------------------------------------------------------



1.13. Wafatnya Maulana Ishaq
Setelah dalam jangka yang begitu lama bersembunyi di dalam hutan dan di antara gunung-gunung dan bukit-bukit, Maulana Ishaq memutuskan untuk kembali ke daerah asalnya, Pasai di pulau Sumatra dan berkumpul dengan istri dan dua anaknya. Kepada kedua anaknya, ia bercerita bahwa anak laki-laki dari paman mereka berada di pulau Jawa. Yang menetap di desa Ampel, daerah Surabaya, yang bernama Sayyid Rahmad. Diceritakan kepada dua anaknya bahwa Sayyid Rahmad adalah termasuk orang pertama yang menjalankan syari'at agama islam di pulau Jawa. Bahwa ia adalah Imam bagi kaum muslim, juga bagi para Wali dan Sholih (orang yang selalu berbuat baik). Ia mengajarkan kepada orang tentang ilmu Syari'at, Thoriqoh (Tarekat), dan Ma'rifat.
Tak lama setelah kepulangannya ke daerah asalnya. Hanya berselang beberapa hari, ada sebuah pendapat yang mengatakan tujuh hari, Sayyid Maulana Ishaq berpulang ke rahmatulloh. Para 'Alim dan Wali datang untuk mensholatinya. Setelah mensholatinya, mereka mengantarkan jenazah Sayyid Maulana Ishaq ke Maqbaroh (taman pemakaman) yang disebut dengan Taman Sari. Kepada Sayyid Maulana, saat itu, banyak yang membacakan Sholawat atas Rosulloh SAW, Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan juga bacaan ayat-ayat suci Alqur'an, yang pahalanya dihadiahkan kepada beliau. Jenazah Beliau dikebumikan di taman pemakaman tersebut. Semoga selalu terlimpah rahmat Tuhan yang Maha Mengasihi kepada Beliau. Dan semoga tak henti-hentinya awan RidloNya tercurah dan menaungi Beliau. Inilah (akhir) dari cerita Sayyid Maulana Ishaq.
Putra Sayyid Maulana Ishaq, Sayyid 'Abdul Qodir dan Sayyidah Sarroh (Sarah)., mereka berembug bersama tentang langkah apa yang akan mereka ambil setelah wafatnya ayahanda mereka. Akhirnya diputuskan bahwa mereka akan berkelana mengelilingi bumi. Mereka pun menjalankan keputusan mereka. Bejalan menyusuri bumi, mendatangi tempat-tempat yang kosong dan juga memasuki kota-kota atau kerajaan-kerajaan. Hingga mereka sampai di daerah 'Adan. 'Adan adalah sebuah daerah di daratan Arab (Timur Tengah). Di 'Adan mereka menetap untuk beberapa hari. Kemudian mereka menumpangi sebuah kapal yang berlayar dengan tujuan ke daerah Keling selama sebelas hari. Kapal yang mereka tumpangi itu akhirnya sampai di Keling dan merapat di pelabuhan. Di daerah Keling mereka menetap selama satu bulan. Kemudian perjalanan mereka dilanjutkan dengan menaiki sebuah kapal yang berlayar ke pulau Jawa. Mereka menaiki kapal itu hingga merapat di daerah Juwana. Juwana merupakan pelabuhan yang terkenal pada saat itu. Mereka keluar dari kapal dan meneruskan perjalanan mereka ke arah Surabaya. Mereka ingin menuju ke desa Ampel. Setelah sampai di Ampel, mereka bertanya kepada orang-orang tentang letak rumah Sayyid Rahmad. Kepada mereka ditunjukkan sebuah rumah yang dihuni oleh Sayyid Rahmad, anak paman mereka.
Setelah mereka menemukan rumah Sayyid Rahmad, mereka berucap salam dan dijawab oleh Sayyid Rahmad. Kemudian Sayyid Rahmad menanyakan kepada mereka perihal nama, daerah asal, dan orang tua mereka. Sayyid Abdul Qodir menjawab, "Nama saya Abdul Qodir dan ini saudara perempuan saya bernama Sarah. Kami berasal dari daerah Pasai di pulau Sumatra. Ayah kami bernama Sayyid Maulana Ishaq yang sekarang telah berpulang ke rahmatulloh. Semasa hidupnya, beliau pernah menceritakan kepada kami bahwa kami memiliki seorang kerabat yang menetap di sebuah desa di Surabaya, di pulau Jawa yang menjadi seorang Imam kaum muslim di desa tersebut."

Sayyid Rahmad Berkata, "Ternyata kalian adalah saudaraku. Ayah kalian adalah saudara ayahku." Lalu mereka saling peluk dan menangis haru karena sangat bahagia.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.