Selamat datang di Website PP. Adnan Al Charish

Sejarah PP. Adnan Al Charish

PAK WALANG



Sejarah Pondok Pesantren Adnan Al Charish yang berkedudukan di Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro tidak lepas dari kiprah KHM. Charish Adnan dalam mendidik santri-santri yang mukim di Pondok Pesantren Abu Darrin yang didirikan oleh ayahandanya. Kiprah beliau tersebut mendapat simpati yang besar dari masyarakat Bojonegoro terutama para alumni pesantren tua tersebut untuk menitipkan Pendidikan anak mereka pada Beliau.
Pada awalnya ada tiga orang santri yang dititipkan dan dipercayakan oleh orang tuanya pada beliau. Ketiganya berasal dari Wadang Ngasem Bojonegoro. Mereka adalah : Agus Suja`i, M. Ali Imron dan Agus Imam Mu`tasom. Bermula dari ketiga santri inilah kemudian menyusul beberapa santri lagi yang tercatat mendaftarkan diri pada Beliau pada tanggal 11 Agustus 1985 dan banyak lagi lainnya. [1]
Pada awalnya KHM. Charish Adnan tidak berkeinginan untuk mendirikan Pondok Pesantren kendatipun santri yang berdatangan semakin banyak. Hingga akhirnya banyak sekali dorongan dari para santri senior pada Beliau untuk mendirikan Pondok Pesantren. Atas dorongan itulah muncul niatan untuk mendirikan Pondok Pesantren sendiri.
Pendirian Pondok Pesantren yang terletak di sisi paling selatan dari bbarisan Pesantren Kendal ini tidak beliau lakukan seketika itu. Terlebih dahulu beliau beristikhoroh dan meminta petunjuk seta pertimbangan pada guru-gurunya. Terutama pada para Kiyai Pengasuh Pondok Jampes saat itu.
KHM. Charish Adnan mendapatkan dukungan penuh dari para gurunya, terutama dari KH. Abdul Malik Ihsan, pengasuh Pondok Jampes Kediri untuk segera mendirikan pondok pesantren. Kiyai kharismatik ini secara khusus mengusulkan nama “Adnan Al Charish” untuk Pondok Pesantren tersebut. Dan nama inilah yang kemudian dijadikan sebagai idenditas pesantren yang dikenal dengan Pendidikan Al Qurannya tersebut.

Setelah berjalan dua tahun, tepatnya pada tahun 1987 beliau baru secara resmi mengesahkan Pondok Pesantren dengan Nama Adnan Al Charish dan membukanya dengan peringatan pengajian akbar yang dihadiri oleh ribuan kaum muslimin di sekitar daerah Bojonegoro. Pesantren baru ini dikelola di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Adnan Al Charih yang terdaftar secara hukum di notaris Yatiman Hadisuparjo dengan nomor 181/1987.
KHM. Charish Adnan dalam mendidik para santri dan menjalankan kegiatan Pondok Pesantren dibantu oleh lima tokoh Ulama`. Mereka adalah :
1)        KHM. Abdurrosyid
2)        KH. Ali Syafi`i
3)        KH. Fathul Amin
4)        KA. Mu`atsom
5)        KH. Munif Soleh

Pada masa awal perkembangannya Pondok Pesantren Adnan Al Charish hanya mengembangkan sistem pengajian sorongan yang diasuh oleh keenam kiyai kharismatik tersebut. Baru pada tahun 1991 para kiyai tersebut bersama para pengurus Yayasan mermusyawarah dan bermufakat untuk mendirikan sebuah Madrasah Diniyah untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Adnan Al Charish dengan lebih efektif. KM. Abd. Rosyid dipilih untuk menjadi kepala madrasah tersebut.
Madrasah Diniyah itu, berdasarkan mufakat para kiyai dinamakan dengan Madrasah Diniyah Al Musthofa untuk mengenang sosok mbah Musthofa. Salah seorang keturunan KHR. Moch. Rosyid Kendal yang mewariskan sebidang tanah yang saat ini menjadi lokasi berdirinya Pondok Pesantren Adnan Al Charish.
Pendirian Madrasah diniyah di Pondok Pesantren Adnan Al Charish diawali dengan perekrutan tenaga pengajar dari para kiyai dan santri senior. Madrasah ini masuk secara aktif untuk pertama kalinya pada hari sabtu 8 Muharom 1412 H. bertepatan dengan 20 Juli 1991 dengan 14 orang tenaga pengajar. Mereka adalah :
1)        KHM. Charish Adnan
2)        KM. Ali Syafii
3)        KM. Abdurrosyid
4)        KM. Mu`tasom
5)        KM. Munif
6)        KM. Fathul Amin Zain
7)        KM. Masluhan
8)        KM. Ali Imron
9)        KM. Asyhuri
10)    KM. Charish Sr.
11)    KM. Zainuddin
12)    K. Hujjatul Anam
13)    KM. Abdul Jalil
14)    KM. Mustain Dzakwan

Seiring dengan bertambahnya jumlah kelas, secara bertahap madrasah Diniyah Al Musthofa terus merekrut tenaga pengajar baru. [2]
Pada tahun 2000, Pondok Pesantren Adnan Al Chraish dirundung duka, karena pendiri dan pengasuhnya KHM. Charish Adnan meninggal dunia, tepatnya Tanggal 13 Rojab 1421 H. bertepatan dengan tanggal 11 Oktober 2000 M. Kepemimpinan pondok pesantren diteruskan oleh putranya KHM. Amir Syarifuddin dan dibantu oleh KHM. Saifuddin Zuhri dan KH. Ustad Mangku Alam yang ketiganya masih terus berkhidmah hingga kini

Letak Geografis
Pondok pesantren Adnan Al Charish merupakan pondok pesantren yang cukup besar di daerah Kabupaten Bojongoro, yang menempati tanah kira-kira 2867 M2. Pondok pesantren ini terletak tepatnya di Jl. KHR. Moch. Rosyid 556 desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Desa ini bersebelahan dengan tiga empat, yaitu :
-          Sebelah utara berbatasan dengan Desa Pacul
-          Sebelah barat berbatasan dengan Desa Sumbertlaseh
-          Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tempuran
-          Sebelah timur berbatasan dengan Desa Bangilan.
Lokasi pondok pesantren Adnan Al Charish ini memberikan suasana lingkungan yang kondusif untuk belajar ilmu-ilmu agama, karena letaknya berada di pedesaan yang jauh dari kebisingan kota, lingkungan pabrik dan perusahaan. Selain itu cukup stategis dan ideal sebagai sarana belajar mengajar, karena juga didukung fasilitas pendidikan formal (sekolah). Di sekitar pondok pesantren Adnan Al Charish terdapat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Abu Darrin.






[1] Bersumber dari buku induk PP. Adnan Al Charish, diakses pada tanggal 22 April 2016
[2] Berdasarkan Buku Absensi guru Madrasah Diniyah Al Musthofa, diakses pada tanggal 7 April 2016

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.