Selamat datang di Website PP. Adnan Al Charish

HASBANA bagi zakat Fitrah untuk faqir Miskin

asna aksesoris
Kalitidu– Himpunan Alumni dan Santri Banin Banat PP Adnan Al-Charish (HASBANA) bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Edukasi Masyarakat Berdaya (PUSKADMADA) pada Ramadhan 1437 H ini mendistribusikan zakat fitrah yang dihimpun dari anggota HASBANA untuk warga fakir miskin yang tersebar didesa yang berada di Kec. kota, Dander, Kapas, Kalitidu dan Ngasem.

Dalam sejarahnya Islam lahir dan tumbuh kuat dan kuasa, karena memperoleh pelajaran dan pendidikan tentang zakat yang secara nyata menjadi dasar dalam kehidupan ekonomi Islam.
Zakat benar-benar akan memberdayakan umat.

Sebenarnya, apabila dikaji lebih jauh, sejak dahulu para amilin menempuh upaya dengan menyalurkan zakat dalam bentuk Produktif (lihat kembali kitab-kitab kuning. Setidaknya pemanfaatan zakat dapat digolongkan kepada empat bentuk:
1.      Bersifat konsumtif tradisional yaitu proses dimana pembagian langsung kepada para mustahiq.
2.      Bersifat konsumtif kreatif yaitu proses pengkonsumsian dalam bentuk lain dari barangnya semula, seperti di berikan dalam bentuk beasiswa, gerabah, cangkul dan sebagainya.
3.      Bersifat produktif tradisional yaitu proses pemberian zakat diberikan dalam bentuk benda atau barang yang diketahui produktif untuk satuan daerah yang mengelola zakat. Seperti pemberian kambing, sapi, becak dan sebagainya.
4.      Bersifat produktif kreatif yaitu proses perwujudan pemberian zakat dalam bentuk permodalan bergulir baik untuk usaha program sosial, home industri atau pemberian tambahan modal usaha kecil

Selain menyalurkan zakat fitrah, Hasbana dan Puskadmada juga melakukan misi edukasi ibadah zakat sebagai ibadah pemberdayaan. Sebagaimana yang dituturkan K. Fatkhur Rozi selaku Ketua Hasbana. Hal senada juga disampaikan Moch Muchid selaku ketua Puskadmada dan penggagas kegiatan "zakat harusnya diprioritaskan untuk fakir miskin sebagaimana fakir miskin diletakkan diawal teks sumber hukumnya".

Kegiatan penyaluran zakat bersama tersebut dapat membantu 40 fakir miskin masing-masing menerima 12 Kg beras / 4 zakat fitrah dan paket santunan.  "Zakat ini semoga menjadikan berkah bagi semua dan paling penting dapat membantu kami di hari raya ini" ucap Mbah Sumijah warga Desa Kedungkeris pada saat ditemui crew media alcharish.
©Hasbana Kalitidu-Ngasem®

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.